8 Prinsip Gaya Hidup Berkelanjutan yang Harus Dimiliki

Menciptakan lingkungan sehat sendiri

Bagi setiap orang untuk berbagi visi yang melibatkan pengalaman hidup yang sehat dan bahagia dalam pemanfaatan sumber daya bumi secara adil sambil memberikan ruang untuk hutan belantara serta satwa liar, orang harus mengadopsi prinsip-prinsip gaya hidup berkelanjutan.

Dengan kata lain, itu harus melibatkan cara hidup yang memajukan kesehatan dan kesejahteraan yang baik sambil membatasi perusakan lingkungan alam dan satwa liar.

Hidup berkelanjutan didasarkan pada empat pilar utama yaitu meminimalkan limbah, membatasi penggunaan sumber daya alam bumi, memanfaatkan lingkungan secara bijaksana, dan memastikan lingkungan kerja/hidup yang berkualitas. Berikut ini adalah prinsip-prinsip panduan yang dapat digunakan sebagai inisiatif untuk mewujudkan gaya hidup berkelanjutan yang stabil.

Penggunaan lahan dan perlindungan satwa liar yang efektif

Prinsip ini juga dijelaskan oleh masjuanda yang mengharuskan masyarakat untuk menyadari perlunya penggunaan lahan yang efektif dan perlindungan satwa liar. Tujuan dari prinsip ini adalah untuk membantu menciptakan habitat baru dan memulihkan keanekaragaman hayati melalui penggunaan lahan yang efektif dan menerapkan praktik di lingkungan sekitar kita.

Sebagai penjaga lingkungan alam planet ini, tindakan bijak terkait penggunaan lahan yang tepat dan perlindungan satwa liar sangat penting dalam merangkul gaya hidup berkelanjutan.

Penggunaan air yang berkelanjutan

Persyaratan untuk penggunaan air yang efisien di pertanian, konstruksi, dan manufaktur adalah bagian dari prinsip hidup berkelanjutan. Prinsip tersebut menekankan pada perlunya memajukan praktik pemanfaatan air yang baik dengan merancang sistem pengelolaan air yang dapat menangani masalah seperti banjir, pemborosan air, dan perlindungan sumber air dari polusi atau kerusakan.

Mendukung makanan lokal dan organik

Pertanian berkelanjutan adalah salah satu prinsip penting dari gaya hidup berkelanjutan. Prinsipal menekankan pada pertanian yang manusiawi dan berkelanjutan dengan mendorong ketersediaan makanan yang sehat, lokal, organik, berdampak rendah, dan musiman.

Pemborosan makanan juga sangat tidak dianjurkan. Untuk alasan ini, masyarakat perlu mendukung pertanian lokal dan produk yang ditanam secara organik dengan membeli makanan lokal dan makan bahan makanan organik.

Penggunaan bahan yang berkelanjutan

Bahan berkelanjutan mengacu pada produk yang sehat, efisien, dan tahan lama untuk digunakan dalam gaya hidup berkelanjutan. Contohnya termasuk bahan yang bersumber secara lokal, diproduksi dari limbah atau sumber daya terbarukan, dan bahan dengan energi rendah.

Penggunaan transportasi berkelanjutan

Mempromosikan penggunaan mekanisme transportasi rendah dan tanpa karbon adalah salah satu prinsip utama kehidupan berkelanjutan. Ini mencakup kebutuhan untuk mengurangi perjalanan dan menerima layanan transportasi hijau seperti kereta listrik dan mobil dan berjalan kaki atau bersepeda sebagai alternatif untuk mengemudikan kendaraan emisi tinggi.

Nol limbah dan nol karbon

Prinsip gaya hidup berkelanjutan ini, setiap hal kecil yang dilakukan harus fokus pada pengurangan sampah ke tempat pembuangan akhir. Hanya membeli dan mengkonsumsi barang yang sangat dibutuhkan. Prioritas harus diberikan pada kualitas dan bukan kuantitas. Orang juga perlu menemukan cara termudah untuk menggunakan teknologi yang efisien dan terbarukan.

Menciptakan lingkungan sehat sendiri

Ini melibatkan aktivitas hidup yang aktif dan bermakna untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan yang baik. Hidup yang menyenangkan, sehat, dan tidak menimbulkan stres dapat dicapai dengan kegiatan yang menyenangkan seperti bersepeda, mendaki gunung, dan berjalan kaki.

Mewujudkan nilai-nilai budaya lokal

Dalam gaya hidup berkelanjutan budaya memiliki cara yang mudah dan efektif untuk melestarikan dan meningkatkan lingkungan lokal. Misalnya, budaya lokal menekankan konservasi, meminimalkan pemborosan, dan penggunaan bahan lokal dan produk organik.

Dengan demikian, menghidupkan kembali dan menghormati budaya, identitas, dan pengetahuan lokal berkontribusi pada kemajuan masyarakat dalam praktik ramah lingkungan dan mewujudkan budaya baru keberlanjutan.

Setiap keputusan yang Anda buat, setiap produk yang Anda beli dapat menjadi keputusan etis dan perlahan-lahan menjadi lebih berkelanjutan. Tidak dibutuhkan menjadi sempurna dalam gaya hidup berkelanjutan, hanya dibutuhkan untuk mencoba lebih banyak, melakukan lebih banyak, mengubah lebih banyak, dan menginspirasi orang lain.